Mini Tutorial || Membuat Stickman dengan Menggunakan Macromedia Flash 8

Hai teman-teman, kini Labkommat hadir kembali membawa konten baru yaitu mini tutorial tentang beberapa software yang kami pelajari di laboratorium komputer kami. Nah, postingan kali ini akan menggunakan software Macromedia Flash 8  untuk membuat Stickman. 

Berikut tutorial Membuat Stickman dengan Menggunakan Macromedia Flash 8 oleh Yusuf Ramadhana.


  1. Buka macromedia flash 8.
  2. Kemudian pilih Flash Document.
  3. Sehingga akan muncul tampilan berikut
  4. Buat 2 buah layer kemudian ubah nama menjadi character dan background.
  5. Aktifkan layer background kemudian buat rectangle dengan menggunakan rectangle tool (R), sehingga tampilannya seperti berikut.
    Kemudian ubah warna persegi panjang ke warna hijau, dengan mengaktifkan  kemudian color-color mixer ubah stroke color dan fill color. Sehingga tampilannya seperti berikut. 
    Blok persegi panjang kemudian tekan F8 pilih MovieClip, pada registration pilih tengah, klik OK. Pada properties ubah instance name ubah menjadi ground.
  6. Langkah selanjutnya adalah membuat sang karakter stickman. Yaitu dengan terlebih dahulu mengaktifkan layer character. Selanjutnya buat karakter tersebut dengan menggunakan brush tool atau bukan B seperti berikut.
    Blok karakter tersebut kemudian tekan F8 pilih movie clip, pada registration pilih tengah bawah. Klik OK.
  7. Aktifkan karakter tadi kemudian pilih properties, pada instance name ubah character. Kemudian aktifkan layer background lalu persegi panjang pada properties ubah instance name ubah menjadi ground.
  8. Double-click karakter input gambar
  9. Masukkan 4 keyframe pada frame 1 2 3 4 .
  10. Pada frame 2 blok karakter kemudian tekan F8 pilih MovieClip, pada Registration pilih tengah. Lakukan hal yang sama pada frame 3
  11. Aktifkan frame 2 klik 2 kali karakter. Muncul tampilan berikut.
    Masukkan 4 keyframe. Klik onion skin. Pada frame 2 dan 3 hapus karakter. Pada frame 2 masukkan gambar karakter baru.
    Pada frame 3 masukkan gambar lain
    Klik kanan frame 4 pilih actions masukkan script berikut.Stop();
  12. Kembali ke symbol 1 insert keyframe hingga frame 3. Hapus gambar pada frame 2 kemudian kembali masukkan gambar seperti berikut. Dapat menggunakan bantuan dengan menggunakan Onion Skin. 
  13. Klik symbol 1 kemudian insert layer ganti dengan nama action. Pada masing-masing frame klik kanan lalu actions masuukkan script, Stop();
  14. Kembali scene 1, aktifkan layer character pilih character klik kanan, actions. Masukkan script berikut.
  15. onClipEvent (load) {
    var ground:MovieClip = _root.ground;
    var grav:Number = 2;
    var gravity:Number = 2;
    var speed:Number = 7;
    var maxJump:Number = -15;
    var touchingGround:Boolean = true;
    scale = _xscale
    }
    onClipEvent (enterFrame) {
    _y += grav;
    grav += gravity;
    while (ground.hitTest(_x, _y, true)) {
    _y -= gravity;
    grav = 0;
    }
    if (ground.hitTest(_x, _y+5, true)) {
    touchingGround = true;
    } else {
    touchingGround = false;
    }
    if (Key.isDown(Key.RIGHT)) {
    _xscale = +scale; 
    _x += speed;
    this.gotoAndPlay(2);
    }
    if (Key.isDown(Key.LEFT)) {
    _xscale = -scale; 
    _x -= speed; 
    this.gotoAndPlay(2); 
    }
    if (Key.isDown(Key.UP) && touchingGround) {
    grav = maxJump;
    this.gotoAndPlay(3); 
    }
    if (Key.isDown(Key.DOWN)){
    this.gotoAndPlay(4);
    }
    if (ground.hitTest(_x+(_width/2), _y-(_height/2), true)) { 
    _x -= speed; 
    }
    if (ground.hitTest(_x-(_width/2), _y-(_height/2), true)) {
    _x += speed;
    }
    }
    onClipEvent (keyUp) {
    this.gotoAndStop(1); 
    }  
  16. Tekan Ctrl+Enter untuk menguji animasi.
  17. Simpan dokumen dengan menekan Ctrl+S pilih lokasi penyimpanan, nama file dan ekstensinya kemudian klik save.

Sekian tutorial kali ini, selamat mencoba, semoga bermanfaat ya teman-teman. Sampai jumpa di mini tutorial selanjutnya.



No comments:

Post a Comment

 
 
close